Pengalaman yang unik sih,

Saat sedang mengaku belajar Bio Sel, tiba-tiba seorang cowok manis, adek sepupu gue, #eh ini beneran lho, Anggi namanya, bertanya dengan polosnya. Ka Rini, Kepo itu apa sih? Kepo itu sama kayak perhatian ya? #Huaduh.. jaman sekarang, anak umur lima tahun aja udah kenal sama yang namanya kepo ya, ckck

Emm.. apa ya?
Kepo?

Apaan sih kepo itu?

Ada yang bilang kepo itu sama dengan Knowing Every Particular Object alias tau / pengen tau informasi tentang hal apapun secara detail.

Terus kalo perhatian?

Perhatian itu sih katanya pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia untuk mendapatkan data yang diperlukan.

Intinya ya sama-sama cari informasi.

Terus kalau ada orang yang suka  tanya-tanya, saking banyaknya tanya sampe-sampe kita males jawab, orang itu namanya kepo atau perhatian ya?

Terus apa yang membedakan orang kepo dengan orang perhatian?

Terus kalo dikepoin sama diperhatiin gimana? Sama apa beda ya?

Apa ya bedanya.?

Hehehe, apa ya.? Hmm… Ini sih pertanyaan simple, tapi jawabanya kompleks juga ternyata. Sebelumnya gak pernah mikir secermat ini. Jadi malu,

Dari dulu sih emang gak pernah pikir panjang soal kepo dan perhatian, tapi pas denger pertanyaan anak kecil seputar kepo dan perhatian, jadi mikir juga nih sekarang.. wkwk

Mungkin, bedanya kalo kepo itu cuma sekedar asal tau aja, tapi kalo perhatian, biasanya punya niat khusus. #Hahaha ngasal banget jawabnya, 😀

Kalo kepo kayaknya dilakukan dengan cara diam-diam deh, sembunyi-sembunyi gitu, artinya gak tanya langsung secara terus terang, bisa tanya ke orang lain, bisa jadi stalker di twitter atau facebook, atau bisa juga jadi mata-mata, ngikutin perkembangan sesuatu dari belakang. Misalnya gini, ada orang yang pengen tau sebenernya Ka Caca itu pacarnya siapa, nah dia cari taunya gak tanya langsung sama ka Caca, tapi tanya sama ka Rini, atau tanya sama orang lain yang deket sma Ka Caca.

Tadi stalker itu apaan kak? #toeng.toeng. Emang susah ya ngomong sama anak kecil 😀 harus pintar ngolah kata, harus tau batasan juga dalam menjelaskan, jangan terlalu dangkal, tapi juga jangan terlalu tinggi bahasanya, xixi.

Stalker itu kayak semacam penguntit gitu, kita mau ngapa-ngapain di-ikutin gitu..

Kalo perhatian biasanya dilakukan terang-terangan, jadi orang itu bakal tanya langsung sama kita. Misalnya ibu kalo tanya ke Anggi. Anggi ada PR gak? Kalo ada, dikerjain dulu, nanti lupa gak ngerjain terus dimarahin Bu Guru gimana coba? Nah, itu berarti ibu perhatian.

Umm, jadi gini, kalo orang kepo itu, biasanya gak pengen diketahui sama orang yang dikepoin, jadi dia diam-diam cari informasi, tanpa mau diketahui orang lain. Tapi kalo orang perhatian, ya malah terang-terangan cari informasinya, kalo ada orang lain yang tau ya nggak papa.

Biasanya orang kepo itu lebih dicap jahat, tapi kalo perhatian itu lebih dicap baik.

Ngerti kan maksudnya?

Eh, Dianya geleng-geleng kepala. Tuhan, harus apa lagi nih kalo udah begini? Ngomong panjang lebar tapi yang dikasih omongan gak paham sama sekali, hahahahaha

Gini aja deh, kalo kepo itu sama dengan pengin tau, tapi diem-diem.

Kalo perhatian itu sama dengan pengin tau, tapi blak-blakan.

Ngerti, sekarang?

Oh gitu ya? #sambil mengangguk-angguk..

Yaelah…. Kalo gitu dong ngerti, ngapain mesti ngomong panjang lebar kayak tadi ya? Rini.., Rini.., ckckck

Eh, tapi jawaban tadi 1000% karangan lho, tanpa berdasar pada sumber yang jelas, hahahahaha

Terus sebenernya APA YA, BEDANYA KEPO sama PERHATIAN..

Habis gini ni, wajar kan,
kalo Mas Pacar tanya: “Sayang, udah makan belum, hayo?” terus kita jawab “Ih, Ayang PERHATIAN banget sih tanya-tanya,”
terus kalo ada temen yang tanya, “Eh, si X sama si Z itu ada hubungan apa sih, kok deket banget, jangan-jangan mereka pacaran,” terus kita jawab “Wah, kamu kok KEPO banget sama mereka,”

Terus, aneh gak sih,
kalo Mas Pacar tanya: “Sayang, udah makan belum, hayo?” terus kita jawab “Ih, KEPO banget sih tanya-tanya!”
terus kalo ada temen yang tanya, “Eh, si X sama si Z itu ada hubungan apa sih, kok deket banget, jangan-jangan mereka pacaran,” terus kita jawab “Wah, kamu perhatian banget sama mereka,”

NAH LO, terus yang bener gimana ya? Hahahaha KURANG KERJAAN BANGET KALI YA, SAMPE-SAMPE HAL BEGINIAN AJA DIPIKIR PUSING. CKCKCKCK

 

Iklan