Dimana-mana, setiap orang pasti pernah ngelakuin kesalahan, baik kesalahan kecil ataupun kesalahan besar. Kenapa? Karena manusia nggak ada yang 100% sempurna. Betul atau benar?

Besar-kecilnya kesalahan itu relatif. Beda-beda antara orang satu dengan orang lainnya, tergantung persepsinya masing-masing.

Pernah nggak, ngelakuin kesalahan yang ngebuat diri sendiri jadi nyesel banget? Sampe-sampe nggak tau lagi harus gimana?

Ngelakuin suatu kesalahan itu nggak bikin hidupmu berakhir, sob!

Life goes on! Hidup bakal terus berlanjut. Waktu bakal terus berjalan tanpa peduli keadaan yang menimpamu.

Yang harus dilakukan sekarang adalah move on! Move! Fire! (kayak perang aja)

Boleh lah, menyesali kesalahan yang udah kamu perbuat. Boleh lah, menyalahkan diri sendiri, tapi jangan lebay dong ah! Jangan lama-lama. Renungi lagi dan jadikan pelajaran buat ke depannya. Jangan sampai ngulangin kesalahan yang sama.

Dan, hal penting yang sering terlupakan adalah, maafin diri sendiri. Maafkan dengan tulus.  Dan jangan menyiksa diri.

Orang yang belum maafin dirinya sendiri, sadar-nggak sadar biasanya ngelakuin hal-hal yang bisa menyiksa diri sendiri. Apalagi orang yang belum maafin diri sendiri plus benci ama dirinya sendiri, bakal lebih menyiksa diri, secara perlahan.

Bentuk-bentuk penyiksaan diri ini misalnya, nggak makan, nggak tidur, ngerokok ampe sepuluh bungkus seharian, nge-drunk, nge-drugs, dugem ampe pagi, dan hal-hal lain yang akhirnya bakal ngerugiin diri sendiri.

Ada juga bentuk penyiksaan diri yang berupa menjadi pribadi yang ansos alias anti sosial. Nggak mau bergaul ama siapapun gara-gara ngerasa nggak pantes bergaul. Itu parah banget, jangan sampe nyiksa diri sekejem itu ya.

So, paling nggak kasih dirimu sendiri kesempatan kedua buat memperbaiki kesalahannya. Bukan dengan kembali ke masa lalu, tapi dengan cara menjadikannya pelajaran buat ke depannya.

Setiap orang berhak dapat kesempatan. Setiap orang juga berhak dapat kesempatan kedua. Dan setiap orang jelas berhak mendapat kesempatan terakhir.

Nggak kalah pentingnya, setiap orang hendaknya maafin, njagain, dan nyayangin diri sendiri yang udah diciptakan Tuhan ini.

Iklan