My Green Book Blog

detail berita

CALIFORNIA – Pernahkan terpikir oleh Anda bahwa raksasa mesin pencari, Google tidak pernah berhenti beroperasi untuk mempertahankan 13 pusat datanya di seluruh dunia. Di masing-masing pusat data, Google memiliki fasilitas seperti sistem komputer rumah selama beberapa dekade ini.

Dilansir HowItWorksDaily, Kamis (9/5/2013), mereka umumnya digunakan untuk membuat cadangan data dalam bentuk arsip besar atau lebih dikenal sebagai sistem komputasi awan (cloud computing). Adapun pusat data ini telah tumbuh secara proporsional dengan luasnya ekspansi internet dalam 20 tahun terakhir ini.

Kantor pusat data Google dijaga dengan keamanan yang ketat karena di dalamnya terdapat jutaan peralatan komputasi. Saat ini sendiri, enam pusat data raksasa pencari tersebut terletak di Amerika Serikat (AS), tiga di Eropa dan tiga lainnya tersebar di Asia.

Pihak Google lebih memprioritaskan efisiensi dengan fokus pada kekuatan jalan pendistribusian data. Servernya sendiri secara eksklusif telah dipatenkan dengan format modular. Meski demikian, untuk setiap pusatnya perusahaan…

Lihat pos aslinya 58 kata lagi

Iklan